Kasihi Musuhmu

Kasihi Musuhmu

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.” 

Lukas 6:27-28

Adik-adik, kakak ingin menceritakan sebuah cerita yang sungguh-sungguh terjadi di tahun 1940-an. Ada seorang wanita Kristen dari Belanda bernama Corrie ten Boom. Dia dan keluarganya dipenjara karena menolong orang-orang yang mau dibunuh oleh pemerintah yang jahat pada saat itu. Di penjara, Corrie dan keluarganya disiksa dan diperlakukan sangat kejam. Akhirnya, dari seluruh keluarganya, hanya Corrie yang tetap hidup dan dapat bebas. 

Beberapa tahun kemudian, Corrie bertemu dengan seorang bekas penjaga penjara dimana dia dan kakaknya dulu disiksa dengan kejam. Bekas penjaga ini telah menjadi orang yang percaya kepada Yesus dan sekarang dia meminta pengampunan dari Corrie atas segala hal kejam yang pernah dilakukannya. 

Tentu tidak mudah untuk Corrie melakukan hal ini, tapi di dalam hatinya dia berseru minta tolong kepada Tuhan supaya dimampukan untuk memaafkan dan bahkan untuk mengasihi orang yang pernah jahat kepadanya ini. Dan Tuhanpun melembutkan hati Corrie. Tuhan memampukan dia menyambut tangan bekas penjaga penjara itu dan berkata: “Aku memaafkanmu, saudaraku. Dengan seluruh hatiku!” Corrie bisa mengampuni dan mengasihi musuhnya karena ada contoh sempurna dari Yesus. Yesus menunjukkan kasih-Nya kepada musuh-Nya dengan cara mendoakan dan meminta Bapa di sorga untuk mengampuni mereka. Sungguh indah ya teladan Yesus.

Adik-adik, mengasihi orang yang sayang atau baik kepada kita tentu bukan hal yang susah untuk dilakukan bukan? Tapi ini tidak membuat kita berbeda dengan orang yang tidak percaya kepada Yesus. Firman Tuhan dari Lukas 6:27-28 tadi mengatakan, Tuhan ingin kita belajar untuk bukan saja memaafkan orang yang jahat kepada kita, tetapi juga untuk mengasihi, berbuat baik, meminta berkat dan mendoakan orang yang jahat kepada kita.

Walaupun sangat susah, tapi kalau kita mau taat, maka Tuhan akan memampukan kita untuk melakukannya! Mari kita minta pertolongan Tuhan. Tuhan akan memberi kita kekuatan yang kita perlukan untuk mengampuni dan mengasihi musuh kita.

Melalui cerita Corrie, kabar kasih Kristus telah tersebar ke seluruh dunia, memberkati dan memberi contoh kepada banyak orang termasuk kita semua. Cerita ini menunjukkan kepada dunia bahwa orang-orang yang percaya kepada Yesus berbeda dengan orang-orang yang tidak kenal Yesus. Mari kita juga ikut menyebarkan kasih Kristus, dengan belajar untuk mengasihi musuh kita seperti yang Yesus perintahkan. Apakah kalian mau taat?

Mari kita berdoa.

Bapa di Sorga, tolong kami untuk mengampuni dan mengasihi musuh kami, juga untuk mendoakan mereka supaya bisa mengenal Engkau sebagai Tuhan dan Juruselamat. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.

Oleh:

Quote of the day

Hanya doa yang datang dari hati kita yang bisa sampai ke hati Tuhan.

Charles Spurgeon