Bagaimana mengetahui kehendak Tuhan di dalam hidup kita?

Bagaimana mengetahui kehendak Tuhan di dalam hidup kita?

"Bagaimana caranya mengetahui kehendak Tuhan di dalam hidup kita?"

Ini adalah suatu pertanyaan yang semua dari kita bergumul. Tidak ada satu orang pun yang bisa mengatakan saya ahli, kita ahli, untuk mengetahui kehendak Tuhan. Tetapi di tempat yang lain, Alkitab dengan jelas menyatakan Tuhan itu ingin kehendakNya diketahui.

Nah sekarang saya ingin memberikan secara sederhana, hal-hal & prinsip apa untuk yang Tuhan nyatakan di dalam Firman-Nya untuk kita boleh mengenal Dia dan mengerti kehendak-Nya.

Yang pertama adalah baca Firman Tuhan, Alkitab, secara teratur.

Kita tidak bisa membaca bagian-bagian Alkitab yang kita inginkan saja, tetapi kita membacanya secara teratur, bab demi bab, ayat demi ayat. Alkitab itu akan memberikan kepada kita suatu kerangka berpikir mengerti kehendak Tuhan. Jadi bukan sesuatu yang mistik.

Oh, aku memilih itu atau memilih ini, maka kemudian Alkitab menyatakan: "Pilih yang A," oh, bukan seperti itu. Alkitab memberikan kepada kita prinsip-prinsipnya dan akan memberikan kepada kita cara berpikir untuk mengerti sifat Tuhan, mengenal pribadi-Nya dan kemudian baru kita akan mengerti kehendak-Nya. Pertama adalah baca Firman Tuhan secara teratur.

Kedua adalah milikilah hati yang ditetapkan untuk taat di depan.

Ini adalah sesuatu yang penting. Kita tidak bisa mengatakan kepada Tuhan, "Tuhan nyatakan kehendak-Mu," tetapi di dalam hati kita, "Aku tidak mau taat sepenuhnya atau kalau Tuhan katakan A, aku tidak mau, Tuhan katakan B, aku baru mau taat." Tidak, kita tetapkan hati di depan untuk taat kepada Tuhan terlebih dahulu, sebelum kita mengerti Tuhan menjawab apa. Ini ada di dalam Alkitab, di dalam Firman Tuhan, yang mengatakan: "Barangsiapa mau maka dia akan tahu", Yohanes 7:17. Yaitu, barangsiapa menetapkan hatinya taat terlebih dahulu, dia akan tahu kehendak Tuhan.

Hal yang ketiga adalah tidak ada orang yang bisa datang kepada Tuhan, mengenal Dia, tanpa hati itu adalah jujur, terbuka, dan tulus di hadapan Tuhan.

Ini yang di dalam Alkitab dikatakan integrity of heart (Integritas hati). Jadi, Tuhan itu bergaul dengan orang-orang yang jujur, Tuhan itu menyatakan kehendak-Nya kepada orang-orang yang tulus. Jujur, tulus, terbuka, itu adalah selalu hati yang kita harus jaga di hadapan Tuhan dan kemudian kita membaca Firman-Nya dengan teratur dan kita mau rela taat, maka kita lihat bagaimana Tuhan itu akan menyatakan sesuatu begitu jelas secara rohani di dalam hidup kita. Itu adalah mengerti kehendak Allah.

Oleh:

Quote of the day

Tidak ada kemuliaan yang lebih besar bagi manusia selain untuk memuliakan Allah.

J. I. Packer