Mematikan Dosa (3)

Mematikan Dosa (3)

Dunia ini begitu jahat dan menyodorkan berbagai macam kesenangan duniawi yang berdosa. Kita melihat banyak orang melakukannya sehingga tanpa sadar kita akan terseret oleh arus dunia dan menganggap enteng dosa-dosa kita. Sadarkah kita bahwa dosa yang kecil kalau tidak cepat kita matikan, maka dosa itu akan menjadi semakin besar dan akan menghasilkan dosa-dosa lainnya?

Misalnya ketika kita melihat pornografi. Pertama-tama mungkin dimulai dengan hanya menonton 5 detik. Setan membisikkan kepada kita bahwa 5 detik tidak akan membuat kita ketagihan. Menonton sebentar saja tidak apa-apa, kita bisa berhenti kapan saja. Semua teman lain juga melakukan ini. Tetapi kemudian hati kita semakin tertarik, dan dari 5 detik menjadi satu jam. Dari satu jam menjadi setiap hari sampai kita menjadi semakin ketagihan dan tidak dapat melepaskan dosa ini.

Lalu bagaimana caranya kita dapat mematikan dosa?

  1. Minta kuasa Roh Kudus

    Kita harus sadar bahwa kita tidak dapat mematikan kuasa dosa hanya dengan kekuatan dan usaha kita sendiri. Kita harus meminta kuasa Roh Kudus untuk mematahkan kuasa dosa. Ketika Roh Kudus bekerja maka hal pertama yang akan dilakukan oleh Roh Kudus adalah mencerahkan pikiran kita dan menyadarkan kita akan dosa-dosa kita seperti yang tertulis dalam Yohanes 16:8. Kemudian Roh Kudus akan menyucikan hati nurani kita. Kedua proses ini akan membuat kita makin lama makin tidak menyukai kesenangan dan keuntungan dari dosa. Bahkan dosa itu akan kita rasakan sebagai suatu beban berat yang ingin segera kita singkirkan.

  2. Mematikan dosa setiap hari

    Kita tidak dapat lengah satu hari pun karena iblis akan memakai kelengahan kita untuk membuat kita terlena semakin dalam masuk ke dalam dosa kita. Menurut Amsal 4:23, kita harus senantiasa menjaga hati kita dan selalu waspada akan dosa. Jauhkan hal-hal yang mendekatkan kita kepada dosa tersebut. Dan ingat, ketika kita telah menang atas suatu dosa hari ini, tidak berarti kita pasti menang lagi esok hari. Berhati-hatilah.

Jadi bagaimana dengan hidup kita saat ini?

Apakah kita masih menyimpan dosa di dalam diri kita?

John Owen berkata bahwa mematikan dosa harus ada di dalam suatu pertobatan yang sejati. 

Didalam 1 Yohanes 1:9 dikatakan jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah Allah yang setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Bertobatlah dan tetapkan hati kita untuk taat mematikan dosa.

Oleh:

Quote of the day

Menjadi seorang Kristen tanpa doa sama tidak mungkinnya seperti menjadi hidup tanpa bernafas.

Martin Luther