Mematikan Dosa (2)

Mematikan Dosa (2)

Sadarkah kita bahwa seringkali kita tertipu oleh setan? Ketika kita bernyanyi memuji Tuhan, menikmati persekutuan dengan saudara-saudara seiman, bahkan pada saat terlibat dalam pelayanan, disaat yang sama kita hidup didalam jerat dosa. Baik itu dosa seksual, dosa dalam hal keuangan, dosa kesombongan, dosa ketidaktaatan dan sebagainya. Berapa banyak anak muda yang dari luar terlihat baik tetapi disaat yang sama jatuh kedalam pornografi dan perzinahan? berapa banyak orang yang terlihat murah hati tapi disaat yang sama hatinya terjerat oleh uang? jika kita tidak mematikan dosa, maka dosa akan mematikan kita (John Owen).

Banyak orang berpikir cara untuk mematikan dosa adalah dengan berpuasa, bermeditasi, pergi ke gunung menyendiri, sampai pada tindakan ekstrim seperti melukai diri sendiri. Tetapi Alkitab mengatakan bahwa mematikan dosa bukan hanya mengenai dosa yang terlihat saja tetapi juga dosa yang berakar didalam hati.

Perhatikan 2 aspek penting dalam mematikan dosa:

  1. Lahir Baru. Lahir baru terjadi ketika Kristus bertahta sebagai Raja didalam hati dan hidup kita. Bayangkan sebuah kursi tertinggi didalam hati tempat dimana seseorang/sesuatu memerintah hidup kita. Dulu kitalah yang duduk dikursi itu. Kita hidup seturut dengan keinginan kita dan yang terpenting adalah pikiran, kehendak dan diri kita sendiri. Tetapi ketika kita turun dan Kristuslah yang naik dan duduk dikursi itu, maka Dialah yang menjadi Raja didalam hati dan hidup kita dan kita mau taat kepadaNya. Tanpa Kristus bertahta didalam hati kita, kita tidak akan dapat mematikan dosa,
  2. Pertumbuhan rohani. Ketika kita bertumbuh rohani, maka Roh Kudus yang bekerja didalam diri kita memampukan kita untuk mematikan dosa. Semakin mengenal Kristus dan kemuliaan-Nya, maka kita akan semakin peka terhadap dosa.

Itulah sebabnya mematikan dosa adalah buah sekaligus tugas kita. Buah artinya proses mematikan dosa tidak akan terjadi tanpa Kristus dan Roh Kudus bekerja di dalam hidup kita terlebih dahulu (Roma 8:1-13) dan disebut sebagai tugas karena mematikan dosa adalah kewajiban setiap orang percaya yang harus dilakukan terus menerus sehingga natur berdosa tidak dibiarkan terpuaskan (Galatia 5:16).

Maukah saudara sungguh-sungguh mematikan dosa? jangan tertipu oleh setan.

Mintalah Roh Kudus memberikan kuasa untuk mematikan dosa, mulai dari dosa yang ada didalam hatimu.

Oleh:

Quote of the day

Kita sangat takut pada manusia - karena kita takut kepada Allah begitu sedikit. Satu ketakutan menyembuhkan yang lain. Ketika teror manusia membuat Anda takut - arahkan pikiran Anda kepada murka Allah.

William Gurnall