Ordo Salutis: Pendahuluan

Ordo Salutis: Pendahuluan

Topik keselamatan adalah salah satu topik yang menarik untuk banyak orang, baik di dalam maupun di luar kekristenan. Keselamatan biasanya selalu dikaitkan dengan kehidupan yang kekal. Manusia pada dasarnya menyadari bahwa hidup itu hanya sementara saja dan setiap orang pada dasarnya mau masuk surga. Nah setelah kematian datang menjemput, bagaimana selanjutnya?

Topik keselamatan menjadi orientasi dari banyak agama dan kepercayaan di dunia. Banyak agama mencoba menjelaskan seharusnya bagaimana manusia harus menjalani hidup agar bisa masuk ke surga. Semua dari mereka menekankan pada perbuatan manusia. Manusia memiliki ide bahwa jika dia berbuat ini itu maka Tuhan akan berkenan. Banyak agama yang memakai semacam sistem nilai seperti di dalam sekolah. Berbuat ini dan itu maka akan mendapatkan suatu nilai, yang nanti pada akhir jaman akan dihakimi oleh Tuhan. Bahkan ada yang memakai sistem “remedi” atau “her” jika nilainya tidak cukup. Sistem pengajaran sekolah diterapkan pada Kerajaan Allah. Keselamatan yang merupakan inisiatif dan karya Tuhan tetapi manusia pikir mereka bisa menentukan aturannya. Tetapi yang kita ketahui bahwa agama-agama yang pada dasarnya hanya merupakan respon manusia terhadap wahyu umum Allah. Tidak ada agama diluar Kristen yang bisa menyelamatkan karena tidak ada jalan kepada Bapa tanpa melalui Yesus Kristus (Yohanes 14:6).

Yesus Kristus satu-satunya jalan kepada keselamatan adalah suatu kebenaran, tetapi juga sesuatu yang menimbulkan banyak perdebatan. Banyak orang lalu menuduh kekristenan mau menang sendiri, oh hanya kamu yang benar, jadi yang lain salah semua. Kamu sombong, tidak menghargai orang lain dsb. Tetapi jika kita mempelajari Alkitab dengan seksama, memang itu adalah kebenaran yang dinyatakan. Pengenalan akan Allah yang sejati melalui Firman-Nya mutlak diperlukan untuk dapat mengerti jalan Tuhan. Dan dengan pengenalan akan Allah yang sejati, maka barulah kita dapat mampu berespon dengan tepat terhadap-Nya. Di dalam anugerah Tuhan, kiranya kita bisa merenungkan hal ini bersama-sama.

Ordo Salutis atau dalam bahasa Inggrisnya “The Order of Salvation” atau dalam bahasa Indonesianya “Urutan Keselamatan” adalah suatu proses dimana karya keselamatan Kristus Yesus diterapkan di dalam hati orang berdosa menjadi percaya. Ini adalah karya Roh Kudus yang bekerja secara bertahap dan membentuk suatu urutan yang logis. Perlu diperhatikan bahwa proses ini merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan atau juga dibolak-balik. Tidak juga berarti bahwa proses ini adalah merupakan suatu tahapan waktu karena elemen-elemennya berkaitan erat dan mereka terjadi dalam waktu yang bersamaan.

Alkitab berbicara mengenai setiap elemen-elemen dari Ordo Salutis di dalam beberapa bagian. Satu bagian yang paling jelas adalah di dalam Roma 8:29-30 yang berbunyi: “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.”

Ketika kita mengerti hal ini, maka kita akan menyadari bahwa Tuhanlah yang berinisiatif , merencanakan, menggenapi, dan menganugerahkan keselamatan bagi manusia. Biarlah kita boleh melihat dan bersyukur akan kasih-Nya yang begitu besar kepada kita. Soli deo gloria

Oleh: AH
Oleh:

Quote of the day

Sungguh benar bahwa mereka yang percaya kepada Tuhan tidak akan kecewa.

George Muller